7 Hal Sopan Ini Ternyata Tidak Disukai Pegawai Resto Cepat Saji


Sumber Artikel 
detik.com
7 Hal Sopan Ini Ternyata Tidak Disukai Pegawai Resto Cepat Saji
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Saat memesan makan di restoran cepat saji, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengunjung. Salah satunya sikap sopan yang sebenarnya bisa mengganggu pegawai restoran.

Pengunjung yang makan di restoran cepat saji perlu memerhatikan sikapnya karena ada beberapa yang mungkin tidak disukai oleh pegawai. Hal itu bukan sekadar membuang sampah ke lantai, melainkan juga perilaku yang mungkin dianggap pengunjung sopan, tapi ternyata tak disukai pegawai restoran.

Restoran cepat saji terkenal dengan cara pemesanannya yang mudah dan cepat. Namun ketika membeli makan di restoran ini, sebaiknya jangan bersikap terlalu 'sopan' karena itu justru dianggap mengganggu.

PARALLAX IN DETAIL
300x250

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Oleh karena itu, sebelum memesan makanan di restoran cepat saji, sebaiknya hindari 7 sikap sopan ini, seperti yang dirangkum dari rd.com (10/04).

1. Tidak mengoreksi pesanan yang salah

7 Hal Sopan Ini Ternyata Tidak Disukai Pegawai Resto Cepat Saji
Kalau ada pesanan yang salah, sebaiknya langsung beri tahu ke pegawai saat masih di kasir. Foto: Shutterstock/

Cobalah pesan makanan dengan jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman. Biasanya pegawai restoran akan mengulang pesanan pengunjung atau kamu bisa melihat pesanan di layar komputer.

Jadi, pastikan semuanya benar, karena akan sulit untuk mengubah pesanan ketika pegawai restoran sudah menyiapkannya. Ketika memesan makanan dan mendapati pesanan tidak sesuai, pastikan untuk langsung berbicara kepada pegawai restoran.

2. Bayar tunai dengan uang lebih

7 Hal Sopan Ini Ternyata Tidak Disukai Pegawai Resto Cepat Saji
Pastikan membayar tagihan dengan uang tunai yang nominalnya pas. Foto: Shutterstock/

Sebagian besar restoran cepat saji kini lebih memilih pembayaran non tunai agar lebih praktis. Kalaupun restoran menerima pembayaran tunai, pengunjung sebaiknya memberi uang dengan nominal yang pas. Hindari hal-hal yang bisa meribetkan pegawai restoran.

Misalnya total tagihan makan 170.000, kamu memberi kasir uang 200.000 dan dua lembar 10.000 dengan harapan kasir bisa mengembalikan uang 50.000. Cara pembayaran ini mungkin membuat dompet tidak penuh dengan uang receh, tetapi itu tidak akan mudah bagi kasir untuk mengembalikannya.

3. Membersihkan seluruh nampan makan

Setiap pengunjung yang memesan makanan biasanya akan disediakan nampan tersendiri untuk memudahkan mereka membawa makanan ke meja. Setelah selesai makan, pengunjung memang disarankan untuk menyingkirkan bekas nampan dan bungkus makanan dari meja.

Tetapi jangan dibersihkan seluruhnya. Pisahkan nampan dengan sampahnya dan hanya buang yang benar-benar sampah saja.

Hal sopan lain yang tidak disukai pegawai restoran bisa dilihat pada halaman berikutnya!

(aqr/adr)

4. Menunggu condiment di kasir

Restoran cepat saji menyediakan condiment seperti saus sambal, tomat, lada dan garam dalam bentuk bungkusan. Kalau kamu ingin menambah condiment tersebut, sebaiknya langsung meminta sekaligus saat memesan makanan.

Jangan berdiri di dekat kasir dan baru meminta setelah pesanan sudah dibawa ke meja. Karena, hal ini akan menghambat antrean dan membuat pengunjung di belakang menjadi menunggu.

5. Menunggu pesanan di jendela Drive-Thru

7 Hal Sopan Ini Ternyata Tidak Disukai Pegawai Resto Cepat Saji
Tunggu pesanan drive thru di area yang sudah diarahkan oleh pegawai. Foto: Shutterstock/

Pesanan makan yang dilakukan melalui layanan drive-thru tidak selalu langsung siap. Beberapa makanan mungkin perlu ditunggu.

Dalam menunggu pesanan yang belum selesai, sebaiknya pengunjung tidak menunggu di jendela drive-thru. Lebih baik menunggu di parkiran yang sudah disiapkan oleh mereka. Ikuti arahan pegawai restoran agar tidak menimbulkan antrian lama bagi pengunjung drive-thru lain.

6. Membiarkan orang lain duluan ketika sedang memilih menu

7 Hal Sopan Ini Ternyata Tidak Disukai Pegawai Resto Cepat Saji
Lebih baik memastikan pesanan yang diinginkan daripada akhirnya membiarkan orang lain pesan duluan. Foto: Shutterstock/

Tidak semua pengunjung sudah memutuskan pesanan yang akan mereka pilih. Beberapa dari mereka sering bingung sehingga ketika sampai di kasir, mereka masih memikirkan pesanannya.

Dengan kondisi seperti ini, mungkin ada pengunjung yang merasa tidak enak sehingga membuat mereka membiarkan pengunjung lain untuk memesan makan duluan.

Namun sikap ini sebenarnya tidak disukai. Sebaiknya pengunjung benar-benar sudah memutuskan pesanan yang mereka inginkan sebelum mengantre di kasir. Memiliki pelanggan yang menunggu lama untuk memutuskan pesanan mereka dapat menempatkan pegawai di posisi sulit. Para pegawai tidak bisa diam begitu saja untuk menunggu pesanan pembeli.

Gianetta Palmer selaku mantan pegawai restoran cepat saji mengungkap, "Tolong, pikirkan menu makanan yang Anda inginkan atau membaca menu sebelum ikut antre. Terkadang saya perlu ke belakang seperti mengambil makanan dari oven, tetapi saya juga tidak bisa meninggalkan konter begitu saja karena saya memiliki pengunjung potensial di sana."

7. Membuang sampah ke tempat sampah yang penuh

7 Hal Sopan Ini Ternyata Tidak Disukai Pegawai Resto Cepat Saji
Jangan paksa buang bungkus makanan kalau memang tempat sampah sudah penuh. Foto: Shutterstock/

Pengunjung mungkin ingin melakukan hal baik dengan membereskan bekas sampah ke tempat sampah. Memang ini sikap yang benar. Namun jangan melakukannya ketika tempat sampah sudah penuh.

"Ketika tempat sampah penuh, semua sampah bisa meluap dan jatuh ke lantai. Ketika ada sampah makanan atau saus salsa yang tumpah, daya harus mengepel lantainya," ucap Becky, mantan karyawan restoran Taco Bueno.

Mengepel lantai menurutnya jauh lebih rumit daripada hanya mengambil beberapa nampan yang ada di meja. Oleh karena itu, Becky menyarankan sebaiknya tidak membuang sampah bekas makanan ke tempat sampah kalau keadaannya memang sudah terlalu penuh.


Komentar